Seperti Kuliah, SMAN 3 Ponorogo Siap Terapkan Sistem SKS Mulai Tahun Ajaran Baru

Belajar di SMA Negeri 3 Ponorogo, nantinya seperti belajar di Perguruan Tinggi. Salah satu sekolah negeri favorit di Ponorogo itu mulai tahun ajaran 2021/2022 siap menerapkan Sistem Kredit Semester (SKS). Itu berarti, murid bisa menentukan sendiri berapa banyak beban belajar yang akan diikuti tiap semesternya.


Sehingga bisa jadi, siapa yang mampu menyelesaikan mata pelajaran dengan SKS lebih banyak, akan lebih cepat menyelesaikan belajarnya yakni kurang dari 3 (tiga) tahun. Seperti disampaikan Sasmito Pribadi, M.Pd, Kepala SMAN 3 Ponorogo, pihaknya sudah berkomitmen untuk memulai program SKS pada Bulan Juli mendatang atau tahun ajaran baru sekolah. Sehingga, calon peserta didik baru sudah difasilitasi dengan program kredit semester. Sehingga, yang memulai adalah siswa-siswi kelas X (sepuluh). Lebih lanjut dikatakan, gebrakan memberlakukan SKS ini karena hakekatnya setiap peserta didik merupakan pribadi yang unik dan memiliki kemampuan berbeda-beda. Sehingga, sekolah sebagai layanan pendidikan wajib memfasilitasi siswanya dengan berbagai bakat minat dan kemampuan masing-masing.

Sementara, terkait dengan Sumber Daya Manusia (SDM) dan fasilitas sarana prasarana, lanjut Sasmito, hingga saat ini sudah berjalan sekitar 50%. Sementara, harapannya progress 100% akan diupayaan sebelum tahun ajaran baru. Pihaknya sudah membangun persepsi yang sama di kalangan tenaga pendidik. Artinya, pendidikan kini tidak lagi klasik dan harus mampu memfasilitasi potensi peserta didik. Salah satu caranya yakni dengan pemberlakuan program SKS. (ia/rl)