Sudah Divaksinasi, 15 Tenaga Kesehatan di Ponorogo Terpapar Covid-19

Sebanyak 15 tenaga kesehatan di Ponorogo terpapar covid 19 setelah vaksinasi dosis pertama. Rinciannya 10 tenaga kesehatan di puskesmas dan 5 orang di dinas kesehatan. Drg Rahayu Kusdarini Kepala Dinas Kesehatan mengatakan dari ke 15 orang tersebut, paling banyak sudah menerima vaksin dosis pertama pada tanggal 27 hingga 29 Januari. Mereka ketahuan terpapar covid 19 pada tanggal 1 februari 2021. Sementara dosis vaksin pertama diberikan untuk tenaga kesehatan diberikan pada tanggal 27 hingga 29 Januari. Sehingga bisa diartikan 1-3 hari pasca pemberian vaksin dosis pertama.
Masih kata Irin, vaksin merupakan virus yang dilemahkan atau dimatikan sehingga mereka yang telah divaksinasi maka antibodinya akan terbentuk kurun waktu 12 hari. Misalnya pemberian vaksinasi tanggal 27 Januari maka antibodinya akan terbentuk tanggal 8 februari. Sehingga jika ada tenaga kesehatan yang terpapar covid 19 pasca 2 hari menerima dosis pertama vaksinasi pasalnya ntibodinya belum terbentuk. Bisa jadi virus covid 19 masuk ke tubuh sebelum vaksinasi.
Lanjut Irin, meskipun sudah divaksinasi dan antibodi sudah terbentuk tidak tertutup kemungkinan terpapar virus tsb namun kondisi tubuh seorang tidak akan separah yang belum divaksinasi. Tenaga kesehatan yang sudah memperoleh dosis vaksin pertama dan terpapar covid 19 maka untuk vaksin dosis kedua tidak akan menerima.