Jelajah

RSUD dr. Harjono Tingkatkan Kapasistas Ruang Isolasi Perawatan Covid-19

RSUD Dr Harjono Ponorogo berencana akan menambah jumlah ruang isolasi untuk merawat pasien Covid-19. Penambahan tersebut sesuai dengan SE Menkes agar RS rujukan meningkatkan kapasitas bed hingga 30% dari total bed.

Direktur RSUD Dr. Harjono Ponorogo, Made Jeren mengakui, langkah tersebut untuk mengantisipasi penambahan jumlah kasus Covid-19 yang membutuhkan perawatan di rumah sakit plat merah tersebut. Saat ini total tempat tidur di RSUD Dr Harjono berjumlah 387 buah. Sehingga untuk memenuhi ketentuan 30% dari jumlah tersebut harus menambah 115 lagi. Sedangkan, lanjutnya, saat ini RSUD Dr. Harjono baru punya 50 bed, sehingga masih membutuhkan 50-60 bed lahi, namun pihaknya sudah mulai berproses untuk menambah.

Diketahui, salah satu spesifikasi ruangan yang digunakan untuk merawat pasien Covid-19 adalah ruang tersebut harus bertekanan negatif.  Made Jaren mengungkapkan saat ini Bed Ocuppancy Rate (BOR) atau tingkat keterisian tempat tidur untuk perawatan pasien Covid-19 di RSUD Dr Harjono Ponorogo selalu tinggi. Bahkan kini merawat sekitar 40% pasien Covid-19 dengan gejala ringan hingga berat.