Jelajah

Mendung, Tanaman Hortikultura Banyak Diserang Tengu

Tak heran jika harga sayur mayur di Ponorogo tinggi. Pasalnya produktivitas tanaman hortikultura itu lagi terganggu gara-gara serangan tengu. Akibatnya banyak yang mati alias gagal panen, sehingga stok di pasaran turun sementara permintaan naik. Kondisi tersebut disampaikan Medi Susanto, Kabid Tanaman dan Hortikultura Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan, cuaca mendung seperti sekarang sangat baik untuk perkembang biakan tengu.

Hewan jenis serangga berkaki empat tersebut, sangat kecil ukurannya namun bila tanaman sudah terserang, lama lama daun menjadi kekuningan layu dan mati. Biasanya yang paling sering diserang adalah tanaman terong hingga cabe.

Sayangnya banyak petani yang belum paham membasmi tengu, yakni menggunakan cairan insektisida. Sebab berapapun disemprot dengan pembasmi hama tak akan mati. Beda kalau petani menyemprotnya dengan akarisida yang efektif membunuh serangga berkaki empat. Selain itu, untuk waktu penyemprotannya juga harus diperhatikan dimana pagi hari akan lebih efektif. (rl)