Masa Pandemi, Target Retribusi Parkir Tidak Terpenuhi

Pandemi tidak hanya memukul Dunia usaha, tapi juga pendapatan asli Daerah Ponorogo terimbas, target retribusi parkir tahun 2020 tidak bisa penuhi target. Dari target yang ditetapkan 725 juta untuk menyumbang Pendapatan Asli daerah ( PAD) tahun 2020, hanya tercapai 82 persen atau kisaran 594 juta.


Agung Budiarto Kabid Lalin dan Sarpras Dinas Perhubungan mengakui, tahun 2020 retribusi parkir tidak mencapai target PAD, dirinya beralasan tidak targetnya PAD retribusi parkir karena pandemi corona. Pasalnya banyak tempat sebagai prioritas pemasukan retribusi parkir yang tidak beroperasi. Tempat-tempat tersebut misalnya Parkiran sekitaran Alun-alun, serta kantong kantong parkir pasar yang dikelola Daerah yang tidak beroperasi. Meski tahun 2020 tidak mencapai target namun retribusi parkir naik dari 725 juta menjadi 750 Juta per tahun.

Namun kata Agung, pihaknya tetap optimis target tersebut akan tercapai asalkan kondisi kembali normal saat sebelum pandemi, Parkir tepi jalan protokol merupakan penyumbang PAD. Sementara itu pada tahun 2019 target retribusi parkir tercapai yakni 1 Milyar