Jelajah

Ekonomi Lesu Dampak Pandemi, Perdakum Siapkan Pemasaran Online

Lesunya sektor ekonomi dampak pandemi memang menjadi satu PR tersendiri, dibutuhkan strategi untuk memulihkan kembali. Oleh karena itu Dinas Perdakum kini mulai mengenjot pemasaran UMKM secara online dengan memanfaatkan teknologi. Hal ini dinilai sebagai cara efektif mengingat banyak pembatasan kegiatan masyarakat.

Seperti disampaikan Erni Prasetyoningsing Plt Kabid Koperasi dan UMKM Dinas Perdakum Ponorogo. Pihaknya kini telah mempersiapkan satu aplikasi berbasis online dengan nama Jathil Mart. Sehingga produk-produk UMKM ponorogo nantinya dapat dipasarkan online lebih mudah. Bahkan transaksi jual belipun juga bisa dilakukan melalui aplikasi itu. Rencananya bulan depan akan resmi diluncurkan.

Selain itu, program bantuan modal BPUM kemarin diharapkan dapat dimanfaatkan secara maksimal bagi yang telah menerima. Sehingga jika kemarin gara-gara pandemi sempat kehabisan modal, bantuan tersebut dapat menjadi modal awal lagi untuk kembali produksi. Disinggung apakah tahun 2021 ini akan ada program pemberian bantuan modal lagi, Erni masih belum bisa memastikan lantaran hal itu merupakan wewenang pemerintah pusat. Namun pihaknya sudah berupaya secara optimal, agar UMKM di Ponorogo dapat segera bangkit kembali. Salah satunya juga dengan tetap mengadakan pelatihan keterampilan.