Pandemi, Universitas Muhammadiyah Ponorogo Gelar KKN mandiri

Masa pendemi tidak menyurutkan semangat Universitas Muhammadiyah Ponorogo – UMPO dalam mengabdikan diri kepada masyarakat melalui Kuliah Kerja Nyata – KKN. Perguruan tinggi yang ada di Jl. Budi Utomo itu, memilih kegiatan KKN dengan sistem mandiri. Artinya, mahasiswa melakukan KKN di tempat tinggalnya masing-masing atau berdasarkan domisili. Ir. Muhammad Malyadi, M.M., penanggung jawab KKN mandiri UMPO mengatakan, KKN di masa pandemi memang lebih berat karena dilakukan sendiri tanpa bergantung pada teman.


Kondisi itu berbeda dengan KKN sebelumnya, dimana giat dilakukan secara berkelompok. Kendati begitu, pihaknya optimis para mahasiswa yang menempuh KKN mandiri bisa mengerjakan tugasnya dengan baik. Bahkan, KKN mandiri bisa jadi sebuah kesempatan berharga untuk dapat memperkenalkan dirinya kepada lingkungan dan mengikuti kegiatan masyarakat sesuai bidang keilmuan serta pengetahuan yang didapatkan selama di UMPO. Selain itu, bisa menjadi peluang mahasiswa untuk ikut mulai memikirkan, mengembangkan serta memberdayakan lingkungannya.

Sementara pembukaan KKN mandiri, sudah dilakukan seminggu lalu secara virtual, yakni 19 Desember kemarin. Nantinya, mahasiswa yang melakukan KKN mandiri juga wajib memberikan pelaporan secara online mengikuti petunjuk dari dosen pembimbing masing-masing.

Lebih lanjut dijelaskan, sesuai arahan Rektor Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Dr. Happy Susanto, M.A., dalam menyambut mahasiswa di acara Pembekalan Mahasiswa KKN Mandiri UMPO 2020 secara daring, agar mahasiswa aktif di lingkungan masing-masing dan menawarkan berbagai program kerja inovatif yang dapat membantu dan bermanfaat bagi masyarakat.