HeadlineJelajah

Jatah Alokasi Pupuk Bersubsidi Ditambah, Kebutuhan Pupuk Sampai Akhir Tahun Aman.

Bayang bayang akan kelangkaan pupuk  bersubsidi jelang musim tanam ini, tidak akan terjadi. Ini setelah Dinas Pertanian, ketahanan Pangan dan Perikanan DIPERTAHANKAN, menjamin stok pupuk bersubsidi aman hingga akhir tahun 2020. Drh. Andi Susetyo, KEPALA DIPERTAHANKAN kepada Gema Surya FM menjelaskan, ada tambahan alokasi pupuk bersubsidi dari pemerintah, hingga 12 ribu 512 ton untuk 5 jenis pupuk dari  urea, ponska, Sp 36, Za dan organik.

Padahal alokasi sebelumnya, masih menyisakan stok  pupuk hingga sekitar 9 ribu 900 ton, sehingga jika ditotal mencapai  22 ribu 441 ton. Jumlah tersebut akan mencukupi semua kebutuhan petani di Ponorogo akan pupuk bersubsidi  menghadapi musim tanam ini,sehingga tidak perlu risau lagi.

Sementara terkait sistem penebusannya,  lanjut Andi Susetyo  petani tak perlu khawatir. Sebab jika mengandalkan kartu tani, belum maksimal sehingga kembali ke sistem manual. Sama dengan penebusan sebelumnya, petani tinggal mengisi blangko atau formulir pengganti kartani.  Untuk pengawasan, sudah ada komisi pengawas pupuk dan pestisida -Kp3, yang terdiri dari Dinas pertanian, perdakum, Kepolisian dan TNI. (ren)