Ngeyel Konvoi Kelulusan, Siap-siap Ditilang

Polres Ponorogo menerjukan sedikitnya 270 anggota Polisi untuk mengamankan kelulusan siswa tingkat SMA sederajat. Iptu Yudi Kristiawan KBO Satlantas Polres Ponorogo mengatakan, Polres Ponorogo sudah melakukan sosialisasi kepada siswa kelas 3 SMA sederakat agar tidak merayakan kelulusan secara berlebihan utamanya konvoi dengen kendaraan bermotor. Pihaknya mengakui masih ada saja konvoi kelulusan yang terjadi di wilayah Ponorogo. Umumnya mereka adalah siswa yang dari sekolah pinggiran.


Polres Ponorogo berharap perayaan kelulusan siswa dilakukan dengan kegiatan yang bersifat positif. Jika mereka tetap melalukan konvoi dan melanggar aturan yang ada maka akan dilakukan penilangan . Polisi juga akan terjun langsung  ke sekolah untuk memantau kondisi siswa.

Suara : IPTU Yudi Kristiwaan – KBO Satlantas Polres Ponorogo

Sementara Muh Cholil Kepala SMA Muhamadiyah 1 Ponorogo mengakui pihaknya sudah mendapatkan sosialisasi dari pihak-pihak terkait agar siswa tidak melakukan perayaan kelulusan secara berlebihan. Dikatanya, SMA Muhamadiyah lebih menekankan nilai-nilai acara keagamaan pada siswanya yang lulus.

Suara : Muh Cholil Kepala SMA Muhamadiyah 1 Ponorogo

Salah satu yang unik dan positif masih kata Muh Cholil,  ketika sampai dirumah seusai acara di sekolah, siswa diminta untuk berfoto dengan orang tua dan mengucapkan terima kasih. Foto tersebut nantinya dilaporkan ke wali kelasnya masing-masing. Jika ada siswa SMA Muhamidiyah yang ikut Konvoi, Muh Cholil akan menunda memberikan ijazah siswa yang terlibat konvoi.