Muncul Situs Pedulilindungi Palsu, Masyarakat Diminta Tidak Mengakses

Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik meminta masyarakat untuk mewaspadai dan tidak mengakses situs pedulilindungi palsu, karena dalam beberapa waktu terakhir muncul website pedulilindungi palsu dengan logo dan gambar yang dibuat semirip mungkin dengan situs resmi yang disediakan pemerintah tersebut.


Najib Susilo Kepala Kominfo Ponorogo kepada Gema Surya mengatakan, masyarakat diharapkan berhati-hati apabila ada permintaan atau penawaran yang menyangkut data pribadi, sedangkan website pedulilindungi yang benar adalah pedulilindungi.id sehingga bagi yang ingin mengakses diminta cermat dan teliti serta memastikan kebenaran alamat situsnya. Najib menambahkan selama ini banyak aplikasi tak resmi yang saat diakses akan meminta data pribadi dari pengguna, kemudian dari data tersebut dimanfaatkan orang yang tak bertanggung jawab untuk mendapatkan keuntungan.

Najib meminta masyarakat yang awam apabila ingin mengakses sebuah aplikasi bisa berkonsultasi kepada teman atau pihak yang lebih mengetahui, untuk menjamin keamanan agar data kita dan tidak dimanfaatkan oleh orang yang tak bertanggung jawab.