HeadlineJelajah

Pencurian Kotak Amal di 2 Masjid di Perumahan Grisimai, Aksi Pelaku Terekam CCTV

Maling sasar dua masjid di perumahan Grisimai Mangunsuman Ponorogo. Dua masjid itu adalah masjid Barokatul Ummah blok C dan masjid Ibadurrahman Blok D Senin dini hari, 16 September 2024. Aksi pencurian itu sempat terekam CCTV dimana pelaku diperkirakan orang yang sama. Apalagi jarak antara masjid Barokatul Ummah dan Ibadurohman sangat dekat.

AKP Nanang Budianto, Kapolsek Siman, menjelaskan bahwa hanya kotak amal Masjid Barokatul Ummah yang berhasil dibobol oleh pelaku. “Kotak amal Masjid Ibadurrahman gagal dicuri karena dirantai kuat,” ujar Nanang. Ia menambahkan bahwa pelaku diduga sudah merencanakan aksinya dengan matang. “Pelaku mengenakan jaket dan helm saat melancarkan aksinya,” jelasnya.

Hilangnya kotak amal di Masjid Barokatul Ummah pertama kali diketahui saat salat dzuhur. Setelah dilakukan pencarian, kotak amal ditemukan di area persawahan sekitar perumahan, namun isinya sudah raib. Kerugian diperkirakan mencapai Rp1 juta hingga Rp1,5 juta.

Sementara itu, Rustam Supandi, takmir Masjid Ibadurrahman, menceritakan bahwa ia mulai curiga saat menemukan kotak amal roboh ketika hendak salat subuh sekitar pukul 04.20 WIB. “Saat dicek CCTV, ada maling yang berusaha mengambil kotak amal, namun gagal membawanya karena kotak dirantai kuat,” ungkap Rustam. Ia juga menambahkan bahwa pelaku tampak terjatuh saat mencoba membawa kotak amal dari kayu tersebut.

Ciri-ciri pelaku menurut Rustam adalah seorang anak laki-laki berbadan kurus, mengenakan helm dan masker, serta menggunakan jaket gelap dan celana 3/4.