Jelajah

Rencana Program Pemberian Susu Gratis Pemerintah, Peternak Sapi Perah di Krisik Pudak Minta Ikut Dilibatkan

Para petani dan peternak sapi perah di Desa Krisik Pudak Ponorogo minta dilibatkan apabila program gerakan makan siang dan susu gratis yang digagas oleh presiden terpilih Prabowo Subianto nantinya diterapkan.

Erwan Santoso, Kepala Desa Krisik Pudak, menyampaikan produksi susu sapi di wilayahnya mulai melimpah kembali pasca adanya serangan wabah PMK pada ternak beberapa waktu lalu.

Begitu juga dengan produksi sayur mayur, sehingga diharapkan bisa digunakan untuk melengkapi program tersebut. Dengan begitu, akan melindungi nasib petani, peternak dan UMKM yang ada di wilayah Ponorogo apabila semua program memakai produk lokal.

Sejauh ini memang pihaknya belum melakukan kajian dan pendataan berapa jumlah produksi susu sapi perah namun yang pasti ada sekitar 4000 ekor sapi dengan produksi susu sekitar 7 hingga 15 liter sehari untuk satu ekor sapi.

Pihaknya menyerahkan teknis nantinya seperti apa, yang jelas dari sisi ketersediaan, dirinya optimis bisa mencukupi untuk sasaran program yang ada di wilayah Ponorogo.