Jelajah

Rumah Mbah Sariyem di Desa Siwalan Mlarak Ambruk

Rumah Mbah Sariyem, seorang lansia berusia 90 tahun yang tinggal di RT 03 RW 01, Desa Siwalan, Mlarak, Ponorogo, ambruk pada hari Ahad (1/9).

Menurut AKP Rosyid Efendi, Kapolsek Mlarak, meski rumah Mbah Sariyem ambruk, beruntung tidak ada korban jiwa. “Mbah Sariyem saat kejadian berada di dalam rumah. Hal ini sempat membuat cemas anak dan tetangga. Namun, saat dilakukan evakuasi, Mbah Sariyem selamat tanpa mengalami luka apapun,” jelas Kapolsek Rosyid.

Untuk sementara, Mbah Sariyem tinggal di rumah anaknya yang berlokasi tidak jauh dari tempat tinggal lama. Pihak kepolisian bersama Forpimka dan warga setempat segera turun tangan, melakukan gotong royong untuk membangun kembali rumah yang roboh. Selain itu, mereka juga meminta bantuan dari Baznas dan LazisMU untuk membantu meringankan beban Mbah Sariyem.

Hingga Jumat (6/9), pembangunan pondasi rumah yang baru telah dimulai. Rumah baru tersebut akan dibangun dengan ukuran 4 x 6 meter, lebih kecil dari rumah sebelumnya, mengingat Mbah Sariyem selama ini hanya tinggal seorang diri. Selain bantuan material untuk pembangunan, Kapolsek Mlarak juga menginformasikan bahwa pihaknya memberikan bantuan sembako kepada Mbah Sariyem.

Dia menambahkan, rumah Mbah Sariyem yang ambruk sudah berusia tua dengan kayu dan atap yang lapuk serta dinding yang retak-retak.