Jelajah

Ditelepon Orang yang Mengaku Teman Lama, Warga Babadan Tertipu Puluhan Juta Rupiah

Hati-hati ditelpon oleh orang yang mengaku teman lama, apalagi ujung-ujungnya meminta uang dengan dalih investasi. Bu Ana, warga Babadan, mengungkapkan bahwa anak gadisnya telah tertipu uang sekitar Rp30 juta.

Ceritanya, sebulan lalu handphone anaknya ditelepon oleh seseorang yang mengatasnamakan Yudi, teman lama yang bekerja di Kalimantan.

“Keduanya sering berkomunikasi melalui telepon hingga akhirnya teman lamanya itu menawarkan investasi di bidang pertambangan,” jelasnya.

Karena dijanjikan akan mendapatkan keuntungan yang cukup besar, putrinya tertarik sehingga mentransfer uang sekitar Rp30 juta. Anaknya baru bercerita pada Minggu sore kemarin bahwa ia telah tertipu setelah orang yang mengaku sebagai teman lama itu tidak bisa dihubungi lagi.

Yang membuat dirinya khawatir, uang puluhan juta tersebut juga berasal dari pinjaman yang harus segera dikembalikan.

Yang lebih membuatnya jengkel, “ternyata Yudi, teman lamanya yang asli, tidak berada di Kalimantan, tapi di Ponorogo dan tidak pernah sama sekali menghubungi putrinya,” tambahnya.  

Nama tersebut dicatut oleh pelaku agar anaknya percaya. Pada Senin (26/8/24) pagi, pihaknya mengurus ke bank dengan harapan bisa dilacak serta berencana melaporkan kasus tersebut ke polisi. (rl/ab)