AdvertorialJelajah

Nguri-nguri Budaya Jawa, Hari Jadi Ponorogo ke 528, Pemkab Gelar Lomba Karawitan

Semarakkan Hari jadi Ponorogo ke 528 Pemkab adakan lomba kariwatan di pendopo. Lomba yang digelar tanggal 5-8 Agustus itu diikuti oleh kelompok Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) setiap kecamatan, 14 SD, 17 SMP serta 8 SMA di Ponorogo.

Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, dalam sambutannya mengatakan, “Melestarikan budaya melalui lomba karawitan ini adalah salah satu cara untuk menjaga dan meneruskan tradisi kita. Anak-anak dan ibu-ibu PKK adalah kunci utama dalam melestarikan budaya di Ponorogo.”

Sugiri, yang akrab disapa Kang Giri, berharap regenerasi budaya karawitan dapat terus berjalan dengan baik. “Ini adalah bagian dari upaya kita untuk menjaga eksistensi warisan leluhur di tengah gempuran musik dari luar,” tambahnya.

Kang Giri juga menekankan bahwa menguasai teknik dan kemampuan karawitan bukanlah hal yang mudah. “Selain lomba tingkat kabupaten, saya berharap setiap kecamatan juga mengadakan agenda serupa. Tidak hanya mencari perwakilan di tingkat kabupaten, tetapi juga mendorong setiap desa untuk mendirikan grup karawitan dan melibatkan sekolah-sekolah di setiap kecamatan.”