Jelajah

Meski Diberhentikan Sementara, Jabatan Kades Sawoo Tetap Diperpanjang

Sebanyak 276 Kepala Desa (kades) di Ponorogo menerima SK perpanjangan  masa jabatan yang diberikan langsung oleh Bupati Sugiri Sancoko Selasa sore 25 Juni 2024. Penerimaan SK itu Sekaligus mengukuhkan kembali dari jabatan semula enam tahun menjadi delapan tahun/ tak terkecuali SON Kades Sawoo yang terjerat kasus dugaan pungli segel tanah yang telah ditetapkan tersangka.

Tony Sumarsono Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) memastikan penambahan masa jabatan juga diberikan kepada Kades Sawoo, meski yang bersangkutan telah ditetapkan tersangka dan diberhentikan sementara. 

Menurut Tony hal itu lantaran hingga kini kasusnya belum inkrah, atau belum mempunyai kekuatan hukum tetap. Menurutnya Jika tidak terbukti secara hukum, statusnya sebagai Kades bakal dipulihkan dan kembali menjabat. Meski begitu SK perpanjangan tidak akan diserahkan ke yang bersangkutan, namun jika tidak terbukti maka pihaknya akan menyerahkan. Masa jabatan kades sendiri akan ditambah dua tahun terhitung awal pelantikan.