Jelajah

Cuti Bersama Idul Adha, Wisatawan Telaga Ngebel Naik 50 Persen

Cuti bersama Idul Adha ternyata berpengaruh pada tingkat kunjungan wisatawan khususnya di Obyek wisata telaga Ngebel Ponorogo.

Catatan Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora), terjadi peningkatan jumlah wisatawan sekitar 50 persen lebih selama periode Jumat, 14 Juni hingga Senin, 17 Juni 2024.

Yudha Slamet Sarwo Edi, Kepala Disbudparpora, menyampaikan bahwa rata-rata ada sekitar 5.000 pengunjung di Telaga Ngebel setiap harinya selama libur lebaran Idul Adha ini. “Kondisi ini di luar prediksi kami, lantaran biasanya jumlah kunjungan wisatawan sama dengan hari normal lainnya setiap perayaan Idul Adha,” ujarnya.

Menurut Yudha, peningkatan ini mungkin terjadi karena warga setelah mengurusi penyembelihan dan pembagian hewan kurban, kemudian memilih untuk melepas lelah dengan berwisata. “Apalagi Telaga Ngebel semenjak ada water fountain, lebih ramai dikunjungi pada malam hari,” tambahnya.

Telaga Ngebel menjadi daya tarik bagi wisatawan tidak hanya karena keindahan alamnya yang masih natural, tetapi juga karena kuliner khas yang ditawarkan. Wisatawan yang berkunjung ke Telaga Ngebel sering kali berburu kuliner lokal yang menjadi daya tarik tersendiri.