Bus Jelek Tidak Layak, Dilarang Masuk Terminal Seloaji

Ternyata masih banyak bus di terminal Selo Aji yang tidak layak jalan. Buktinya ketika dilakukan ramp check, ditemukan banyak bus tidak memenuhi standar operasi. Baik bus antar kota antar provinsi (AKAP) ataupun antar kota dalam provinsi (AKDP). Akibatnya mereka dilarang beroperasi bahkan jika bandel dan tidak segera memperbaiki armada mereka, akan diusir dan tidak diperbolehkan masuk terminal Seloaji Ponorogo.


Hari Suhardono – Koordiantor Satuan Pelaksana Terminal Seloaji Ponorogo, menyampaikan informasi ke Gema Surya FM bahwa jelang lebaran ini pihaknya melakukan ramp check dan hasilnya selalu saja ada bus yang tidak layak jalan. Rata-rata bus yang tidak layak disebabkan karena ban depannya vulkanisir.

Masih menurut Hari, armada bus lama yang sudah bertahun tahun dikandangkan dikeluarkan lagi oleh perusahaan Otobus. Mereka mensiasti dengan memoles seakan akan armada bus dalam kondisi baru. Karena itulah pihak terminal melakukan ramp check dengan sangat teliti. Jika ketahuan ada perusahaan yang curang, pihak terminal tidak segan memberikan sanksi.

“Sebaliknya, untuk bus jarak dekat seperti Madiun dan Trenggelek yang tampilanya jelek, tapi setelah dilakukan ram cek sebenarnya masih laik jalan” tambah Hari. Selain mesin bagus dan masih baru, mereka juga sudah mengantongi ijin trayek.

Jumlah bus AKAP di Terminal Seloaji sendiri ada sekitar 60 sedangkan AKDP ada 100 lebih. (Lk)