Jelajah

Pertahankan Tradisi, Pemkab Adakan Lomba Mlaku Bareng Malam Suro

Merespon kerinduan warga Ponorogo akan tradisi jalan kaki pada malam jelang 1 suro, Pemkab Ponorogo akan menggelar lomba mlaku bareng, dimana acara itu rencananya akan digelar 18 juli 2023 dimulai pukul 19.30. Kepala dinas kebudayaan pariwisata pemuda dan olahraga (disbudparpora) Yuda Slamet Sarwo Edi kepada gema surya Sabtu (15/07) mengatakan, pihaknya sengaja menyelenggarakan acara ini untuk menghidupkan lagi tradisi mlaku-mlaku di malam satu suro. 

Adapun penilaiannya meliputi kekompakan, keseragaman, kekuatan dan keutuhan anggota. Setiap Desa akan ada satu perwakilan grup yang beranggotakan 11 orang, dimana ia akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait termasuk kepolisian untuk membantu kelancaran arus lalu lintas, bahkan kalau bisa jalur yang akan dilewati steril dari kendaraan. 

Yuda menambahkan untuk mempermudah penilaian dan memperpendek jarak tempuh, akan dibagi menjadi lima zona, lima zona itu yakni zona PB Pulung, Arjowinangun, PB Jebeng, kauman, dan Babadan dengan jarak tempuh sekitar 7 km sampai di alon-alon Ponorogo.