Jelajah

Es Dawet Bu Matun Jl. Jaksa Agung Puluhan Tahun Eksis, Masih Bertahan Diharga Rp1.500 per Mangkok

Selain di Desa Jabung Mlarak, ternyata di kawasan kota ada es dawet yang sama enaknya namun ramah dikantong. Lokasinya berada di tengah kota Ponorogo yakni Jl. Jaksa Agung Suprapto Kelurahan Taman Arum dimana sudah berdiri sejak tahun 1984.

Matun, pedagang es dawet mengaku meski sudah puluhan tahun berjualan namun usahanya tak pernah sepi. Ini karena dirinya selalu menjaga kualitas meski harga es dawetnya murah. Warna cendol dawetnya putih menandakan tanpa tambahan bahan pewarna.

Diceritakan, dulu awal mula berdiri tahun 1984 harganya Rp25 perak. Sekarang harga semangkuk es dawet yang dijualnya Rp1.500. Sementara jajanan gorengan dijual dengan harga Rp500 perak. Mungkin karena faktor murah meriah dan sudah memiliki brand tersendiri warung es dawetnya tetap eksis.

Walaupun sejumlah bahan baku dan kebutuhan terus mengalami kenaikan harga. Matun enggan untuk ikut-ikutan menaikkan harga es dawetnya, agar tetap bertahan, dirinya hanya mengurangi porsi es dawet. Dalam sehari tak kurang 300-400 mangkok terjual. Masih kata Bu Matun Pagi Jam 07.00 sudah buka, kalau laris jam 14.00 sudah tutup.

Sementara itu salah pengunjung yang bernama Khristin mengatakan dirinya sudah sejak lama menjadi pelanggan es dawet Bu matun. Sejak harga Rp500 hingga Rp1.500 per mangkok. Menurutnya selain harganya ramah dikantong rasanya juga enak.