Jelajah

Semakin Dekat Dengan Hari Coblosan, Ribuan Pemilih Pemula di Ponorogo Belum Punya KTP

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Ponorogo berupaya menggenjot capaian perekaman KTP elektronik (KTP-el) terutama bagi pemilih pemula 1 bulan jelang pencoblosan Pilkada serentak 2024.

Pasalnya hingga awal Oktober masih ada sekitar 3 ribuan lebih yang belum melakukan perekaman KTP El dari 9.705 pemula wajib perekaman. Jemanun Kepala Bidang (Kabid) Pengelola Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) Dispendukcapil Ponorogo mengatakan, sembilan ribu lebih wajib KTP-el pemula itu tercatat berusia 17 tahun sampai 27 November 2024.

Pihaknya terus berupaya agar 3 ribu pemilih pemula yang belum memiliki identitas Kependudukan. Segera melakukan perekaman KTP-el sebelum hari H pemungutan suara. Masih kata Jemanun, pihaknya berkoordinasi ke pihak desa atau kecamatan untuk segera melakukan perekaman KTP-El.

Mungkin mereka belum merekam karena sekolah di luar daerah maupun kerja di luar daerah itu yang sulit dipantau. Jemanun menjelaskan, pihaknya terus melakukan upaya jemput bola ke sekolah-sekolah. Termasuk ke rumah sakit maupun di rutan bagi mereka yang tidak memungkinkan melakukan perekaman sendiri ke kecamatan maupun Dispendukcapil.

Dijelaskan  perekaman KTP-el itu, tidak harus dilakukan di daerah asal. Agar capaian perekaman KTP-el bagi pemilih pemula di Bumi Reog bisa 100 persen. Dengan begitu, mereka dapat menggunakan hak pilihnya pada Pilkada serentak, 27 November mendatang.