Jelajah

Panti Dhuafa Manula Turi Jetis Ponorogo Overload, Sementara Tak Terima Pasien ODGJ

Banyak orang tua dengan kondisi sebatang kara dan terlantar di Kabupaten Ponorogo. Indikasinya, Panti dhuafa manula Turi Jetis overload dimana penghuninya rata rata usia lanjut yang tak lagi memiliki anggota keluarga.

Seperti disampaikan rama philip, pengurus panti dhuafa manula, ada sekitar 116 penghuni pantinya di dominasi status lansia. Padahal kapasitas yang ada di panti tersebut hanya 110 orang. Karenanya beberapa penghuni akhirnya harus tidur di aula karena jika dipaksa dikamar, tidak nyaman.

Untuk mereka yang ditempatkan di aula, statusnya ODGJ yang belum bisa membersihkan dirinya sendiri. Apapun untuk kebutuhan makan dan minum dirasa masih mencukupi seiring adanya bantuan sosial bansos dari pemerintah.

Untungnya panti dhuafa manula Turi Jetis, juga bekerja sama dengan rumah sakit jiwa di lawang Malang dimana dua minggu sekali, penghuni panti dengan status ODGJ dikirim dan mendapat perawatan kesehatan di kota apel tersebut.

Sehingga mengurangi beban operasional di panti dhuafa Turi Jetis. Untuk sementara waktu pihaknya tidak lagi menerima pasien ODGJ namun untuk lansia, kuotanya masih tersedia.