Jelajah

Hujan Deras, Banyak Genangan Air di Sejumlah Titik, Ini Penyebabnya

Hujan deras yang mengguyur Ponorogo, Ahad sore (20/10/24), memunculkan banyak genangan air di sejumlah titik khususnya jalan-jalan perkotaan. Pantauan gema surya jalan yang sempat menjadi kubangan air adalah Jl.Soekarno Hatta, Jl. Baru Suromenggolo, dan Jl. Sumatra.

Dwi Puspitarini, Kabid Kawasan Pemukiman DPUPKP Ponorogo saat dikonfirmasi menjelaskan penyebab utama genangan air adalah menyempitnya lubang yang mengalirkan air dari permukaan ke saluran drainase atau inlet. Selain itu beralihnya fungsi irigasi menjadi drainase juga menyebabkan jalan-jalan tergenang air.

Untuk mengatasi masalah itu dibutuhkan penambahan inlet di  beberapa titik namun keterbatasan anggaran menjadi kendala utama. Sementara ini upaya yang dilakukan hanya membersihkan sedimentasi dalam drainase oleh tim katak.

Tim khusus tersebut telah dibentuk untuk menangani masalah tersebut. Pihaknya mengungkapkan hingga saat ini sekitar 60% permasalahan genangan air di jalan-jalan Ponorogo sudah teratasi sisanya akan diupayakan tahun depan dengan pengusulan anggaran.