Jelajah

Siap Hadapi Musim Penghujan, BPBD Ponorogo Lakukan Normalisasi Sungai di Beberapa Titik

BPBD Kabupaten Ponorogo mulai melakukan normalisasi sungai dan saluran air bekerjasama untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap perubahan cuaca, dari kemarau ke penghujan.

Seperti yang dikatakan Masun, Kepala Pelaksana BPBD Ponorogo mitigasi bencana pun jauh hari telah dilakukan untuk mengantisipasi luapan air jika sewaktu-waktu hujan tiba. Berdasarkan prakiraan BMKG, dasarian kedua Oktober ini mulai turun hujan di sebagian wilayah di Bumi Reog.

Tim BBWS juga telah turun ke lapangan untuk melakukan normalisasi regular rutin di sejumlah sungai. Dengan upaya itu diharapkan aliran air bisa lancar, sehingga ketika terjadi hujan, air tidak meluap. BPBD Ponorogo pun menyarankan masyarakat melapor jika ada pendangkalan sungai.

Termasuk jika ada tumpukan sampah, maupun tanggul yang kondisinya rusak dan perlu perbaikan segara. Seperti yang pernah terjadi tanaman eceng gondok tumbuh liar di Sungai Gendol Jabung Mlarak. Sehingga petugas melakukan pengerukan menggunakan alat berat hingga mencapai 240 truk pada saat itu.