Jelajah

Beredar Himbauan Hati-Hati Mahasiswa Tularkan HIV/AIDS Lewat Sample Darah, Polisi Pastikan Hoaks

Beredar pesan berantai melalui aplikasi whatsapp himbauan agar berhati-hati jika ada sekelompok mahasiswa asal Kalimantan datang minta sampel darah tuan rumah.

Ada indikasi, mahasiswa tersebut sengaja menyebarkan virus HIV/AIDS lewat jarum suntik. Sehingga dalam chat suara itu diminta meneruskan informasi tersebut ke grup WA atau media sosial lainnya.

Menanggapi hal tersebut, Ipda Tony Gerindra, Kanit Patroli Sat Samapta Polres Ponorogo mengatakan, pesan tersebut dipastikan hoaks atau kabar bohong. Pesan tersebut dibagikan sengaja untuk membuat warga resah.

Pihaknya telah berkomunikasi dengan Sat Intelkam dan menegaskan tidak ada kegiatan pengambilan sampel darah di Ponorogo oleh kelompok tertentu keliling door to door. Selain itu juga tidak ada bukti serta laporan dari masyarakat.

Yang harus dilakukan warga, agar tidak menelan mentah-mentah informasi yang beredar di media sosial. Harus selalu melakukan cek and ricek  dimana jika kabar itu bohong, tidak perlu memposting ulang atau membagikannya lagi.