Jelajah

Kopi Melejit Harga Minuman Kopi Diangkringan Ikut Naik

Melejitnya harga kopi dalam beberapa bulan terakhir berdampak pada usaha angkringan di Ponorogo. Mereka terpaksa menaikan harga minuman kopi karena tak ingin merugi.

Informasi yang dihimpun Gema Surya, dulunya satu cangkir kopi rata rata harganya Rp 2.000, kini menjadi Rp 3.000 sementara untuk ukuran gelas dari Rp 3.000 menjadi Rp 5.000. Hal itu dibenarkan Arifin, pedagang angkringan di kawasan kota dimana harus menaikan harga hampir dua kali lipat.

Kebetulan kopi yang digunakan merek terkenal dan sangat dimaui pelanggannya. Padahal kopi merek tersebut harganya sudah tak terjangkau karena semakin mahal. Dengan naiknya harga minuman kopi otomatis mempengaruhi daya beli konsumen yang akhirnya turun 50 persen.

Untungnya usahanya juga menyediakan minuman jenis lain sehingga banyak yang beralih ke es daripada kopi. Rata rata konsumennya anak anak muda yang datang ke angkringannya hanya untuk nongkrong dan mencari suasana segar saja sehingga ngopi bukan tujuan utama.

Sementara jumiati, pemilik warung di jalan sekar putih mengaku telah menaikan harga minuman kopi sejak harga kopi naik. Untuk secangkir kopi dari Rp 2.000 menjadi Rp 3.000 dan untuk segelas kopi, sekitar Rp 4.000.