Jelajah

Tangkal Hoaks dan Kampanye Hitam Pilkada di Medsos, Bawaslu Ponorogo Bentuk Tim Pengawasan Siber

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Ponorogo bentuk tim pengawasan siber untuk menangkal kampanye hitam, hoaks dan lain sebagainya di media sosial.

Ketua Bawaslu Ponorogo, Bahrun Mustofa mengatakan tim siber sangat dibutuhkan saat masa kampanye Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Tim akan memantau masing-masing medsos pasangan calon (paslon).

Jika nanti di temukan ada unggahan yang melanggar ketentuan di medsos terkait kampanye dari paslon, akan ditindak sesuai dengan UU yang berlaku. Karenanya pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistika (Diskominfo) , polres dan sejumlah media.

Harapannya, selama masa kampanye, seluruh tim dan pendukung masing-masing paslon di Ponorogo selalu taat dengan aturan. Ia meminta seluruh tim dan pendukung tidak melakukan kampanye hitam, menyebar hoaks, melakukan politik uang, dan yang lainnya.

Lebih lanjut dikatakan selama beberapa hari digelar kampanye, pihaknya belum menemukan adanya indikasi pelanggaran, maupun laporan resmi dari masyarakat.