Jelajah

Desa Tugurejo Slahung Masuk Nominasi Pusat Unggulan Pelaksana Pemberdayaan Masyarakat Aman Dan Tangguh Bencana

Warga desa Tugurejo Slahung Ponorogo patut berbangga menyusul prestasi yang di torehkan Pemerintah desa setempat yang masuk dalam nominasi sebagai pusat unggulan tingkat pratama dalam kategori pelaksana pemberdayaan masyarakat aman dan tangguh bencana.

Prestasi tersebut didapat dalam kegiatan latihan gabungan -latgab dan temu tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) nasional ke 3 yang diselenggarakan di Kabupaten Kebumen 23-27 September 2024. Siswanto kepala desa Tugurejo Slahung mengatakan, pihaknya mengirimkan 3 relawan baik dari destana dan sibat. Dalam kegiatan itu mereka dilatih mitigasi bencana terkait perubahan iklim dan kebencanaan lainnya.

Kebetulan 3 relawan terbaiknya itu sudah berkecimpung didunia tersebut sejak tahun 2015. Karenanya dengan nominasi dan penghargaan tersebut, semakin memacu semangat pemerintah desa Tugurejo slahung untuk semakin tanggap akan bencana alam lantaran secara geografis wilayahnya berpotensi bencana seperti longsor dan tanah gerak.

Di musim kemarau seperti sekarang, juga ada satu dukuh yang dilanda kekeringan yakni dukuh guyangan dimana 50 KK disana terdampak kekurangan air bersih.