AdvertorialJelajah

Spapo Karnival 2024 Sukses Digelar sebagai Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Penuh kreativitas dan menginspirasi, itulah Spapo Karnival 2024 yang sukses digelar oleh SMP Negeri 4 Ponorogo pada Kamis, 26 September 2024.

Para pelajar kelas 8 SMP melakukan kirab dengan pakaian adat sambil membawa hasil karya terbaik bertema “Bhinneka Tunggal Ika” dengan rute dari SMPN 4, kemudian menuju Jalan Gajah Mada, Jalan Sultan Agung, Jalan KH Ahmad Dahlan, Jalan HOS Cokroaminoto, dan finish di SMPN 4 Jalan Jenderal Sudirman.

“Kegiatan ini pertama kali digelar sebagai implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Dengan bertemakan Demokrasi yang ber-Bhinneka Tunggal Ika dan Berteknologi dengan Bijak,” kata Purwatiningsih, Wakasek Humas SMPN 4 Ponorogo

Beberapa pelajar menggunakan becak dalam Spapo Karnaval.

Ada 8 provinsi yang dipilih secara undian, yakni Sumatra Selatan, Kalimantan Timur, Bali, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sulawesi Utara, Aceh, Maluku, dan Papua.

Selain mengenakan pakaian adat, para pelajar dan guru juga membawa makanan khas provinsi tersebut serta menyanyikan lagu-lagu daerahnya.

“Sedangkan untuk implementasi P5 dengan tema rekayasa teknologi, siswa membawa karya seperti rumah-rumahan adat dan pamflet,” terangnya.

Lebih lanjut, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) selain mengusung tema “Bhinneka Tunggal Ika,” melalui Spapo Karnival 2024 untuk pelajar kelas 8, juga mengusung tema “Suara Demokrasi” yang diimplementasikan melalui pemilihan Ketua OSIS tahun 2024/2025. Sebelumnya, siswa telah berkunjung ke KPU untuk belajar menjadi pemilih, memahami cara memilih, dan menjadi panitia pemilihan.

“Antusiasme warga Ponorogo untuk menyaksikan Spapo Karnival 2024 ini sangat luar biasa,” imbuhnya.

Jalan yang dilewati oleh ratusan pelajar SMPN 4 tersebut dipadati penonton, mulai dari wali murid, pengguna jalan, hingga lembaga pendidikan dari TK hingga SD yang kebetulan dilalui oleh karnaval ini. (rl/ab) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *