HeadlineJelajah

Sumber Air Mengering, Masyarakat Lereng Gemawan Gelang Kulon Kesulitan Air Bersih

Sumber air di pegunungan mengering, warga wilayah lereng gemawan RT 1 RW 3 Dukuh Kroyo Gelangkulon Sampung kesulitan mendapatkan air bersih. Haryanto, kepala desa gelang kulon sampung mensinyalir telah terjadi alih fungsi lahan yang awalnya ditumbuhi tanaman seperti alba dan sono kemudian diganti tumbuhan pohon jati karena memiliki nilai ekonomis.

Pergantian tanaman itu dilakukan masyarakat, sekitar 10 tahun lalu. Karenanya  saat musim hujan air tak bisa diserap dengan baik. Jika menggantungkan suply air PDAM juga kesulitan karena wilayah itu tak bisa dijangkau jaringan pipa air PDAM. Lebih lanjut dijelaskan selama ini warga memanfaatkan sumber air pegunungan untuk kebutuhan sehari-hari.

Namun 2 tahun terakhir ini, sumber air di pegunungan mengecil apalagi di musim kemarau ini. Akibatnya 22 kk kekurangan air bersih. Untungnya pihak pihak terkait seperti BPBD, Polres dan sejumlah komunitas  sudah melakukan droping air bersih di wilayah yang terdampak kekeringan itu. Informasinya untuk jangka panjang, Nantinya BPBD akan membangun sumur dalam.