Jelajah

Pagelaran Tari Reyog Bulan Purnama, Akan Dimeriahkan Grup Taruna Simo Agung SDN Gupolo Babadan

Pagelaran tari reog dalam acara Malam Bulan Purnama di Alon-Alon Ponorogo pada Sabtu (20/9) dipastikan akan menjadi sangat istimewa. Pasalnya, acara tersebut akan diwarnai dengan penampilan puluhan siswa dari SD Negeri Gupolo Babadan yang tergabung dalam Grup Taruna Simo Agung.

Kepala Sekolah SDN Gupolo, Agus Hariyanto, mengungkapkan bahwa berbagai persiapan telah dilakukan oleh para siswa, termasuk menggelar gladi resik di panggung utama Alon-Alon selama dua hari terakhir. Sekitar 30 pelajar siap tampil, yang selama ini rutin berlatih di sekolah dengan pendampingan guru pembimbing.

“Grup Taruna Simo Agung semakin dikenal setelah kami mengupload konten di berbagai platform media sosial, sehingga menarik perhatian masyarakat,” jelas Agus.

Dia menambahkan bahwa pada bulan Agustus lalu, para siswa juga diminta untuk menampilkan tari reog di kantor desa setempat. Bahkan, Putri Seni Jawa Timur sempat berkunjung ke SDN Gupolo,

Agus juga menyoroti prestasi lain yang telah diraih oleh SDN Gupolo di bidang seni, seperti meraih juara 2 dalam perlombaan tingkat kabupaten dengan menampilkan tari Kiprah Ratu dan Tari Bujang Ganong di SMPN 3 Ponorogo.

“Harapannya, melalui pengalaman ini, siswa tidak hanya belajar menari, tetapi juga mengasah mental dan keberanian mereka untuk masa depan,” ungkap Agus.