HeadlineJelajah

Polres Akan Cabut SIM Pelaku Balap Liar Jika 3 Kali Tertangkap Aksi yang Sama

Tindakan tegas dilakukan jajaran Polres Ponorogo terhadap para pelaku balap liar. Bagi mereka yang tiga kali tertangkap melakukan aksi yang sama, SIM-nya akan dicabut.

AKP Bayu Pratama Sudirno, Kasatlantas Polres Ponorogo, mengatakan tindakan tegas tersebut dilakukan karena aksi balap liar masih marak. 

Terakhir, pihaknya menjaring 39 pelaku balap liar. Oleh karena itu, untuk memberikan efek jera kepada pelaku yang sudah memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM), maka SIM-nya akan dicabut jika sudah tiga kali tertangkap.

“Untuk satu kali tertangkap, sepeda motor yang digunakan untuk balap liar akan disita selama dua bulan. Sepeda motor bisa diambil kembali, tetapi harus dengan orang tua, membawa surat-surat lengkap, dan sepeda motor harus dikembalikan ke spesifikasi semula,” terangnya. 

Jika tidak jera dan kembali tertangkap, sepeda motor akan disita lagi. Hingga tiga kali tertangkap, tentu SIM akan langsung dicabut.

Tindakan tegas ini dilakukan karena Satlantas Polres Ponorogo sudah memfasilitasi para biker dengan mengadakan latihan bersama (latber).

Sebagai informasi, latihan bersama (latber) diinisiasi oleh pecinta otomotif dan Polres Ponorogo.Para pembalap hanya perlu membayar Rp30 ribu per satu kali latihan bersama untuk uang kebersihan. Latber dilakukan sebulan dua kali. (yd/rl/ab)