Jelajah

6 Lokasi Rawan Tanah Gerak dan Longsor di Ponorogo Mulai Dipasangai LEWS

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Bandung mulai pekan ini melakukan pemasangan Landslide Early Warning System( LEWS) di 6 titik yang berpotensi tanah gerak dan longsor. Ke 6 titik tersebut berada di kecamatan yakni Sawoo, Pulung dan Slahung.

Masun kepala pelaksana BPBD Ponorogo mengatakan pemasangan LEWS ditargetkan rampung pekan ini. Menurutnya ke 6 titik tersebut tersebar yakni 2 LEWS berada di desa Sriti Sawoo 2 LEWS di Desa Tempuran Sawoo, 1 alat di Desa Bekiring Pulung dan 1 alat di Desa Tugurejo Slahung.

Masih kata Masun, Landslide Early Warning System (LEWS) merupakan alat yang memberikan peringatan dini akan kejadian tanah longsor sesegera mungkin kepada masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana longsor atau gerakan tanah.

Alat ini menjadi salah satu alat mitigasi yang dipasang Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Dipasangnya di tempat tersebut karena wilayah tersebut berpotensi longsor dan tanah gerak. Serta mempunyai riwayat tanah longsor dan tanah retak.

6 lokasi rawan tanah gerak dan longsor di Ponorogo mulai dipasangai LEWSSehingga berpotensi menimbulkan korban. Apalagi lokasi terpasang LEWS ini berada di wilayah banyak pemukiman. LEWS yang dipasang tersebut bisa terpantau di posko  BPBD Ponorogo.