Jelajah

Waktu Pendaftaran Diperpanjang, Jumlah Pelamar CPNS di Kabupaten Ponorogo Membludak

Setelah sempat sepi peminat, jumlah pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Ponorogo akhirnya melonjak drastis. Hingga hari terakhir pendaftaran, jumlah pelamar mencapai ribuan orang. Ahmad Zamroni, Kepala Bidang Perencanaan, Pengadaan, Pengolahan Data, dan Sistem Informasi ASN Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Ponorogo, mengungkapkan bahwa hingga Selasa (10/9) pagi, jumlah pelamar hampir menembus angka 9.000.

“Jumlah pelamar ini dipastikan akan terus bertambah karena pendaftaran ditutup pada tengah malam atau pukul 23.59,” ujar Ahmad Zamroni.

Lonjakan pelamar ini terjadi karena waktu pendaftaran yang awalnya berakhir pada 6 September diperpanjang hingga 10 September. Selain itu, adanya kemudahan dalam proses administrasi, seperti penggunaan materai tempel atau konvensional, juga turut menarik minat para pelamar.

Lebih lanjut, Ahmad Zamroni menyebutkan bahwa hampir semua formasi yang dibuka telah terpenuhi oleh pelamar, baik dari lokal Ponorogo maupun luar daerah. Setelah pendaftaran ditutup, BKPSDM memiliki waktu dua hari untuk melakukan verifikasi data yang masuk.

Untuk diketahui, Kabupaten Ponorogo tahun ini mendapatkan kuota sekitar 323 formasi CPNS. Formasi tersebut terdiri dari 159 formasi tenaga kesehatan dan 164 formasi tenaga teknis. Tahun ini juga terdapat dua jenis formasi, yaitu formasi khusus dan umum. Formasi khusus diberikan untuk pelamar disabilitas, dengan kuota enam formasi, serta untuk mereka yang memiliki prestasi cumlaude.