Jelajah

25 Reyog Meriahkan Acara Tasyakuran Dilantiknya Sunarto Menjadi Anggota DPRD Periode 2024-2029

Sebanyak 25 dadak merak tampil di kediaman Sunarto, Ketua DPRD periode 2019–2024, yang berlokasi di Desa Gandu Kepuh, Kecamatan Sukorejo. 

Selain pementasan Reog yang meriah, Sunarto juga menyediakan ribuan porsi makanan secara gratis bagi warga yang hadir. Sunarto mengungkapkan bahwa pentas Reog dengan 25 dadak merak bukan tanpa alasan.

“Ini merupakan bentuk kepedulian dalam melestarikan kesenian asli Ponorogo,” ungkapnya ketika ditemui Gema Surya, Sabtu (7/9/24). 

Jumlah dadak merak yang mencapai 25 juga melambangkan hasil kerjanya selama empat periode, di mana ia berhasil membina dan membentuk kelompok Reog baru di Dapil 6 (Kauman, Sukorejo, dan Samping).

“Saya bersyukur atas segala nikmat Allah karena bisa menyelesaikan masa jabatan sebagai Ketua DPRD periode 2019-2024 dengan lancar,” imbuhnya.

Selain itu, acara syukuran ini tidak hanya untuk merayakan akhir masa jabatannya, tetapi juga sebagai wujud syukur atas terpilihnya kembali dirinya dan rekannya, Isnaini, sebagai anggota DPRD Ponorogo dari daerah pemilihan (dapil) Ponorogo 6 untuk periode 2024-2029.

“Acara syukuran ini tidak hanya tentang makan besar, tetapi memiliki filosofi mendalam terkait pentingnya politik yang berkelanjutan.” terangnya.

Ia menambahkan, hubungan antara pemimpin dan masyarakat tidak boleh hanya terjadi saat pemilu, tetapi harus terus terjalin setelah terpilih. (yd/ab)