Jelajah

Dewan Kebut Pembentukan Fraksi-Fraksi, 10 September Ditargetkan Rampung

DPRD Ponorogo menargetkan pembentukan fraksi-fraksi akan selesai pada 10 September 2024. Agus Dwi Prayitno, Ketua sementara DPRD menjelaskan bahwa dengan terbentuknya fraksi-fraksi, maka alat kelengkapan dewan lainnya juga bisa segera dibentuk, dimana dalam pembentukanya Diperkirakan akan ada 6 hingga 7 fraksi di DPRD. 

“Pimpinan sementara itu mulai dilantik 1 september, kemudian dari hasilnya di, sebagai tugas dari pimpinan sementara memfasilitasi pembentukan sementara, pembentukan Fraksi, Tatib, dan mempersiapkan pimpinan definitif” terangnya saat dikonfirmasi jurnalis gema surya Jum’at (06/09/2024)

Saat ini kata Agus, ada 6 partai politik yang bisa membentuk fraksi sendiri, yaitu PKB, PDIP, Partai Nasdem, Partai Gerindra, Partai Demokrat, dan Partai Golkar, sementara itu, 3 partai politik lainnya, yakni PAN, PKS, dan PPP, kemungkinan akan bergabung dengan fraksi lain atau membentuk fraksi gabungan karena jumlah anggota legislatif mereka masing-masing kurang dari empat orang. 

“Sebagai ketentuan minimal sejumlah komisi atau alkab, 4 orang, 4 anggota ini bisa membentuk fraksi, melihat dari itukan komposisinya ada tiga partai yang tidak bisa membentuk fraksi sendiri” pungkasnya.