Jelajah

Hanya Peroleh 78 Suara, Udin Irchamna Jadi Anggota DPRD Periode 2024-2029

Udin Irchamna wakil rakyat dari Partai persatuan Pembangunan-PPP Kabupaten Ponorogo, mendadak viral di media sosial. Bagaimana tidak, laki laki berusia 29 tahun bisa dilantik menjadi anggota DPRD periode 2024-2029  meski hanya mengantongi 78 suara.

Sontak kalangan netizen menilai warga kecamatan Ngrayun tersebut sangat beruntung. kepada wartawan Udin mengakui nyaleg hanya dengan modal nekat saja. Dia tak bisa membayangkan jika akhirnya bisa duduk di kursi legislatif. Saat itu dirinya hanya berdoa serta ijin mendapatkan restu dari orang tua.

Saat kampanye pun hanya mengandalkan anggota keluarganya agar mau nyoblos dirinya dan mengenalkan sebagai Caleg dari PPP asal dapil 4 (Slahung, Ngrayun, Bungkal, Sambit). Meskipun menjadi anggota DPRD tidak disangka, Udin berjanji akan tetap mengawal aspirasi masyarakat.

Sekedar diketahui, Udin Irchamna merupakan pengganti dari Almarhum Cipto Prayitno yang  meninggal dunia Ahad 5 Maret 2024. Hal itu sesuai dengan dengan PKPU 6 2024 dan Surat dinas KPU RI nomor 664 Undang-undang nomor 7 tahun 2017. Udin sendiri memperoleh suara terbanyak kedua di dapil 4 dari PPP setelah  almarhum Cipto Prayitno.