Jelajah

Dampak Masalah Lalat, Warga Kembali Meminta Usaha Peternakan Ayam di Desa Koripan Ditutup

Masalah keberadaan kandang ayam di Desa Koripan Bungkal yang sempat dikeluhkan lantaran diduga jadi sumber lalat dan bau, ternyata belum tuntas. Meski pemilik sudah berusaha untuk mengatasi persoalan tersebut, namun hal itu dinilai belum optimal. Warga setempat bersikukuh agar kandang ayam itu ditutup alias berhenti beroperasi. 

Gulang winarno Kepala dinas lingkungan hidup (DLH) pemkab Ponorogo saat dikonfirmasi gema surya Selasa (03/09) mengatakan pihaknya sudah berupaya menjembatani melalui pertemuan antara warga dengan pemilik kandang di balai Desa Koripan, namun ternyata tak membuahkan hasil. 

Masyarakat tidak menginginkan lagi ada nya usaha ternak ayam tersebut karena bukan hanya warga koripan saja yang terdampak melainkan desa tetangga seperti nambak dan juga kalisat bungkal, apalagi persoalan tersebut bukan kali pertama melainkan sudah lama terjadi.

Gulang berharap pemilik kandang maupun warga bisa kembali mengkomunikasikan agar sama-sama diuntungkan dan tak ada yang dirugikan. Lanjut Gulang, pelajaran berharga dari persoalan itu dimana pemilik usaha harus benar-benar memperhatikan lingkungannya terutama jika perusahaan tersebut memproduksi limbah.