Jelajah

Seminggu Dibuka Pendaftaran CPNS, Masih Sepi Peminat

Meski pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemkab Ponorogo telah dibuka selama satu pekan, antusiasme masyarakat tampak masih rendah. Berdasarkan data terbaru yang diterima dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), hingga Rabu, 28 Agustus 2024, baru tercatat 538 pelamar.

Ahmad Zamroni, Kabid Perencanaan Pengadaan Pengolahan Data dan Sistem Informasi ASN BKPSDM, menjelaskan sejauh ini hanya ada beberapa ratus pelamar yang mendaftar dari berbagai formasi jabatan yang tersedia. Namun, Dia mengungkapkan tidak ada kekhawatiran berlebihan terkait jumlah pendaftar yang masih rendah ini. Menurutnya, fenomena ini adalah hal yang wajar karena biasanya jumlah pelamar akan meningkat signifikan mendekati penutupan pendaftaran.

“Kami yakini sepinya jumlah pendaftar saat ini disebabkan oleh para calon pelamar yang masih dalam tahap mempersiapkan berkas administrasi mereka. Kadi buat pelamar, pastikan tidak ada yang melewatkan dokumen penting agar lolos seleksi administrasi,” jelas Ahmad Zamroni.

Untuk mengantisipasi lonjakan jumlah pendaftar di hari-hari terakhir pendaftaran, pihak BKPSDM telah mempersiapkan berbagai langkah strategis, termasuk menambah tenaga kerja ekstra dan memperkuat sistem pendaftaran online agar dapat menangani pendaftaran dalam jumlah besar dengan lancar. Ahmad Zamroni juga mengungkapkan kesiapan pihaknya untuk bekerja lembur hingga malam hari.

Sebagai informasi, pendaftaran CPNS di lingkungan Pemkab Ponorogo dibuka dari 20 Agustus hingga 6 September 2024. Tahun ini, Pemkab Ponorogo menyediakan sekitar 323 formasi CPNS, dengan rincian 159 formasi untuk tenaga kesehatan dan 164 formasi untuk tenaga teknis. Selain itu, terdapat dua jenis formasi, yaitu formasi umum dan khusus. Formasi khusus mencakup kuota 6 formasi untuk penyandang disabilitas dan juga bagi pelamar dengan prestasi cumlaude.