JelajahPolitik

Paslon Cakada Ponorogo Lakukan Rikkes di RSPAL dr. Ramelan Surabaya

Pemeriksaan kesehatan (rikkes) pasangan calon kepala daerah (cakada) dimulai pada tanggal 29 dan 30 Agustus 2024.

Untuk tanggal 29 – 30 Agustus 2024, pasangan bakal calon bupati Sugiri Sancoko – Lisdyarita akan dilakukan pemeriksaan terpusat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Laut (RSPAL) dr. Ramelan Surabaya.

Sedangkan untuk pasangan bakal calon bupati Ipong Muchlissoni dan bakal calon wakil bupati Segoro Luhur Kusumo Daru akan dilakukan pemeriksaan kesehatan pada tanggal 31 Agustus – 1 September 2024.

Arwanhamidi, Komisioner KPUD Ponorogo, mengungkapkan bahwa ada 4 hari jadwal pemeriksaan kesehatan, yaitu pada tanggal 27 Agustus – 1 September 2024. Sehingga, 2 pasangan calon kepala daerah akan dilakukan pemeriksaan kesehatan di hari yang berbeda. 

Pemilihan lokasi rikkes tersebut telah melalui berbagai tahapan. Pihaknya telah turun dan mengecek seluruh layanan di tiga rumah sakit rekomendasi yang memenuhi syarat, yaitu RSUD dr. Soetomo Surabaya, RSUD Saiful Anwar Malang, dan RSPAL dr. Ramelan Surabaya.

Arwanhamidi mengatakan, setelah dilakukan pengecekan dan dari hasil pleno, diputuskan pemeriksaan dilakukan di RSPAL. Masih menurut Arwanhamidi, pertimbangan lain adalah faktor layanan yang maksimal.

Pasalnya, daerah lain telah menentukan rumah sakit rujukan mereka masing-masing, seperti RSUD dr. Soetomo Surabaya yang menjadi rekomendasi bagi daerah wilayah timur Indonesia, di antaranya Papua, NTT, hingga NTB.

Berdasarkan informasi Keputusan KPU 1090/2024, alur rikkes melalui berbagai tahapan, mulai dari pemeriksaan kesehatan jiwa, pemeriksaan status penyalahgunaan narkotika, penyakit dalam, bedah, neurologi, kandungan ginekologi khusus perempuan, mata, THT-KL, jantung dan pembuluh darah, paru, radiologi thorax, pengambilan sampel laboratorium, dan pemeriksaan penunjang lainnya. (yd/rl/ab)