Jelajah

Harga Telur Ayam Anjlok Sejak 3 Pekan Terakhir Di Tingkat Pedagang

Harga telur ayam di Ponorogo dikabarkan anjlok sejak 3 pekan terakhir. Informasi yang didapat gema surya dari kalangan peternak, harga ditingkat kandang hingga Sabtu sore 24 Agustus 2024 sekitar Rp20.700 rupiah per kg,  sementara di tingkat pengecer atau pedagang harganya antara Rp22.500 hingga Rp24.000 per kg.

Ahmad Sarbini, salah satu peternak ayam petelur di Kecamatan Mlarak mengaku tidak tahu pasti penyebab merosotnya harga telur ayam sebab stock tidak melimpah, bahkan permintaan juga stabil lantaran banyak orang menggelar hajatan di bulan Agustus ini.

“Saya juga mencari ini, siapa yang mempengaruhi harga telur ini, seperti halnya harga jagung mas, ini kan harga jagung juga naik ya, apakah ini semuanya juga permainan broker atas, maksudnya jakarta” terangnya kepada gema surya Ahad (25/08)

Dengan anjloknya harga telur ayam saat ini, peternak rugi mengingat harga pakan seperti jagung dan konsentrat naik, yang bisa dilakukan peternak bertahan saja sudah cukup baik. Dirinya sudah merasa harga telur ayam turun sejak bulan suro namun saat itu penurunannya tipis dan akhirnya terus berlanjut hingga sekarang. 

“Ya ternak seperti halnya orang tani mas, tetap jalankan, kalau nggak ada uang ya jual aset gitu aja, untuk nyawa ternaknya bisa terselamatkan” tambahnya.

Sementara itu Eny ,salah satu peternak ayam petelur di kecamatan sukorejo memperkirakan anjloknya harga karena panen raya. Hal tersebut biasa terjadi karena ” Chik in ” atau masuknya anak ayam DOC yang dipelihara di kandang bersamaan sehingga saat ini bertelurnya juga bersamaan. 

Dengan harga seperti sekarang diakui tidak menguntungkan peternak sebab idealnya  sekitar Rp24.000 hingga Rp25.000