HeadlineJelajah

Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Alun-alun Ponorogo Dimeriahkan Atraksi Spesial

Bakal ada pemandangan berbeda dalam upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia di Alun-alun Ponorogo. Rencananya, saat detik-detik proklamasi pada tanggal 17 Agustus nanti, akan ada atraksi spesial dan suara dentuman meriam.

Sore harinya, saat penurunan bendera Merah Putih, akan ada atraksi dari Batalyon Komando 463 Kopasgat.

Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, meminta masyarakat hadir untuk menyaksikan langsung upacara detik-detik proklamasi yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, serta penurunan bendera merah putih pada sore harinya.

Masyarakat juga diminta untuk berhenti sejenak dari aktivitas saat detik-detik proklamasi sekitar pukul 10.00 WIB.

Suara dentuman meriam itu rencananya akan dibunyikan oleh personel Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) dari Lanud Iswahjudi saat detik-detik proklamasi.

Tidak hanya pada kegiatan upacara detik-detik proklamasi, atraksi spesial juga akan tersaji dalam upacara penurunan bendera sore harinya di Alun-alun Ponorogo. Bupati Sugiri mengungkapkan bahwa dalam upacara penurunan bendera nanti akan ada simulasi operasi pembebasan sandera.

Simulasi operasi pembebasan sandera ini bisa menggambarkan bagaimana perjuangan para pahlawan dahulu untuk kemerdekaan Indonesia.

Sekadar informasi, nantinya peserta upacara terdiri dari berbagai lapisan masyarakat, mulai dari ASN, TNI, Polri, mahasiswa, pelajar, dan perwakilan organisasi masyarakat (ormas) kepemudaan di wilayah Kabupaten Ponorogo. (yd/rl/ab)