HeadlineJelajah

Melebihi Tonase dan Uji KIR Mati, 5 Truk yang Melintas di Jalan Raya Ponorogo Ngebel Ditilang

Petugas gabungan dari dinas perhubungan, Satlantas Polres Ponorogo dan POM TNI melakukan razia truk yang bermuatan melebihi tonase dan uji kir yang telah kadaluarsa.

Dalam razia yang berlangsung mulai dari pertigaan Ngebel hingga pertigaan Semanding Jenangan ini, petugas berhasil menilang lima truk yang terbukti melanggar peraturan.

Kepala Dinas Perhubungan Ponorogo, Wahyudi, menjelaskan bahwa pelanggaran yang ditemukan tidak hanya terkait dengan dimensi truk yang melebihi kapasitas, tetapi juga dengan masalah over kapasitas. “Keberadaan truk-truk ini tidak hanya merusak jalan, tetapi juga membahayakan keselamatan lalu lintas. Razia ini merupakan bagian dari amanat UU Lalu Lintas No. 22 Tahun 2009,” ujar Wahyudi.

Wahyudi menambahkan, “Kami juga menyayangkan banyaknya dump truck yang KIR-nya sudah mati. Kendaraan dengan uji KIR yang kadaluarsa dapat membahayakan pengemudi dan masyarakat. Kami mengimbau kepada pemilik truk dan kendaraan umum untuk segera melakukan uji KIR, terutama karena saat ini layanan tersebut tersedia secara gratis.”