Jelajah

Hutang ke Pihak Ketiga, Pemkab Akan Pasang Ribuan Lampu PJU

Pemerintah Kabupaten Ponorogo berencana untuk meningkatkan penerangan jalan umum (PJU) dengan menambah sekitar 3.000 unit lampu di sejumlah ruas jalan yang dinilai minim penerangan, terutama di jalan-jalan kabupaten. Pemasangan lampu PJU ini akan dilakukan secara bertahap mulai tahun ini.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Ponorogo, Wahyudi, menjelaskan bahwa pemasangan ribuan lampu PJU ini akan diserahkan kepada pihak ketiga.

“Lampu PJU yang akan dipasang memiliki spesifikasi khusus, salah satunya adalah penggunaan smart lamp yang menggunakan tenaga surya untuk pengisian daya listriknya,” ujar Wahyudi.

Untuk mendukung proyek ini, Pemkab Ponorogo mengalokasikan anggaran sebesar 100 milyar rupiah, yang dipinjami dari pihak ketiga dan akan dilunasi dalam waktu 10 tahun. Jika semua berjalan sesuai rencana, lampu-lampu ini akan dipasang di tiga prioritas jalan kawasan wisata, yaitu jalur lingkar Telaga Ngebel, Waduk Bendo, serta kawasan Monumen Reog dan Museum Peradaban (MRMP).

Saat ini, Pemkab Ponorogo memiliki 3.514 unit PJU yang tersebar di seluruh ruas jalan kabupaten. Dengan penambahan 3.000 unit, total PJU yang akan beroperasi mencapai 6.514 unit. Meskipun demikian, jumlah PJU tersebut masih kurang dari kebutuhan minimal yang diperkirakan sekitar 11.000 unit.