Jelajah

Harga Cabai Melonjak, Petani di Desa Rono Sentanan Nikmati Untung

Seiring dengan melonjaknya harga cabai di pasaran, sejumlah petani di Desa Ronosentanan kini merasakan keuntungan dari hasil jerih payah mereka. Setelah sebelumnya harga cabai yang rendah membuat petani kesulitan, kini mereka menikmati peningkatan harga yang signifikan.

Muji Saryono, salah satu petani cabai di desa tersebut, mengungkapkan, Sebelumnya harga cabai hanya sekitar Rp 25000 per kilogram, tetapi sekarang sudah mencapai Rp 60000 rupiah di tingkat petani. Bahkan, di tingkat pengecer, harga cabai sudah menembus Rp 85000 per kilogram.

Muji menambahkan bahwa kualitas cabai kali ini tergolong bagus, terutama karena memasuki musim kemarau. Dalam sekali panen, petani dapat memetik sekitar 90 kilogram cabai dari lahan seluas 1.400 meter persegi, dengan panen dilakukan setiap 5 hari sekali.

Sementara itu, Yateno, petani cabai lainnya, berharap agar harga cabai tetap stabil hingga musim hujan tiba, sehingga mereka bisa meraih keuntungan yang lebih besar. Untuk mengantisipasi kemungkinan pencurian cabai, petani di Desa Rono Sentanan secara rutin melakukan pengecekan lahan mereka.