Jelajah

Warga Kalisat dan Koripan Diserbu Ribuan Lalat, Puskesmas Bungkal Laporkan Belum Ada Peningkatan Kasus Diare

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ponorogo melakukan pemantauan terhadap keberadaan kandang ayam di Desa Koripan, Kecamatan Bungkal. Kandang ayam ini diduga menjadi sumber munculnya ribuan lalat yang mengganggu warga sekitar.

Teguh Budi Prihwanto, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinas Kesehatan, menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan monitoring terkait dampak lalat terhadap kesehatan warga sekitar.

“Berdasarkan laporan dari Puskesmas Bungkal, hingga hari ini belum ada lonjakan kasus diare,” jelasnya.

Pemilik kandang ayam tersebut telah berjanji untuk mengatasi masalah bau dan lalat yang berasal dari kotoran ternak ayam dengan mengubah pola manajemen kandang dan mengembalikan sistem ke sekam. Kesepakatan ini telah dicapai bersama warga dengan didampingi pemerintah desa, Forpimka, dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

DLH bahkan telah memberikan peringatan bahwa jika permasalahan ini terulang, langkah tegas akan diambil.

“Penyemprotan sudah dilakukan pada Januari lalu setelah ada permasalahan yang sama. Semestinya peternak melakukan penyemprotan secara mandiri,” tambah Teguh.

Sementara itu, informasi yang didapatkan Gema Surya dari beberapa warga Kalisat yang terdampak menunjukkan bahwa serbuan lalat hari ini sudah jauh berkurang dibandingkan saat sebelum ada kesepakatan antara warga dan pemilik kandang.