Jelajah

Sumber Debit Air Bersih Menyusut, Warga Dusun Sukun Desa Sidoharjo Butuh Air Bersih

Dampak musim kemarau warga lingkungan Magersari Dukuh Sukun Desa Sidoharjo Pulung mulai alami kesulitan air bersih. Warga harus memanfaatkan rembesan air sungai yang mengairi sawah yang mulai menyusut.

Akibatnya warga mengalami kesulitan mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari. Katirah 48 tahun salah seorang warga setempat menjelaskan bahwa sumur yang biasanya digunakan untuk kebutuhan konsumsi mulai mengering sejak musim kemarau tahun ini.

Sedangkan untuk mandi cuci warga memanfaatkan irigasi dari sawah yang airnya keruh. Bahkan warga setempat harus berjalan sejauh 1 kilometer ke dalam hutan untuk mengambil air dari sumber mata air yang ada. Warga lingkungan tersebut terdiri dari 14 rumah dengan total sekitar 40 jiwa.

Untuk menggunakan air sumur, mereka harus bergantian karena persediaan air yang ada tidak mencukupi kebutuhan semua warga secara merata. Warga berharap ada bantuan irigasi dari pemerintah atau pihak terkait untuk memenuhi kebutuhan konsumsi sehari-hari agar mereka tidak lagi terpaksa menggunakan air keruh dari sungai irigasi sawah yang berpotensi membahayakan kesehatan.