HeadlineJelajah

Anggaran Masih Gelap, Dindik Janji Akan Bangun Total Gedung SDN 2 Karangpatihan Pulung

Meski anggarannya belum jelas, namun Dinas Pendidikan (Dindik) Ponorogo siap membangun total gedung SDN 2 Karangpatihan Pulung Ponorogo. Pasalnya, tingkat kerusakannya cukup parah sehingga harus direhab secara keseluruhan.

Nurhadi Hanuri, Kepala Dinas Pendidikan, mengungkapkan butuh anggaran sekitar Rp600 juta untuk renovasi gedung sekolah secara total. Bahkan, jika nantinya renovasi bangunan gedung tersebut terealisasi, pihaknya akan menggandeng ahli konstruksi.

Menurutnya, bukan tanpa alasan, lokasi SDN 2 Karangpatihan berada di tanah labil, sehingga pihaknya merasa perlu untuk menggunakan tim konstruksi agar bangunan tersebut juga awet. 

Kendati tidak ada jaminan usulan di PAPBD tahun ini disetujui, namun pihaknya akan memasukkan dalam prioritas di APBD tahun depan karena kondisi bangunan yang sudah tidak layak digunakan untuk kegiatan belajar mengajar.

Sekadar informasi, 3 ruang kelas di SDN 2 Karangpatihan Pulung terpaksa dikosongkan karena mengalami kerusakan. Akibatnya, 2 kelas yakni kelas 2 dan 3 terpaksa dipindah ke ruang kelas darurat yang terbuat dari kalsiboard dan asbes, sedangkan kelas 1 harus menggunakan ruang perpustakaan yang dialihfungsikan menjadi kelas.

Sementara, kelas 5 menempati ruang kelas yang juga mengalami kerusakan, meskipun ruangan terlihat masih bagus namun plafon atapnya diberi penyangga. Untuk kelas 4, kuda-kuda kayunya keropos, bahkan plafonnya sudah dicopot agar tidak jatuh menimpa siswa. Sedangkan untuk kelas 6 memang menggunakan ruang kelas yang baru direhabilitasi tahun 2022 dari Pemkab. (yd/rl/ab)