Jelajah

Semalam 2 Hutan di Ponorogo Mengalami Kebakaran

Dalam semalam kemarin, 2 lokasi  kebakaran hutan terjadi di wilayah Ponorogo di musim kemarau. Lokasi pertama di Petak 38A RPH Krebet, BKPH Ponorogo Barat KPH Lawu Ds Desa Karanglo Kidul Jambon. Sedangkan  lokasi  kedua Petak 156 C, RPH Sawoo, KPH Lawu DS.

Atau Gunung Ngijo Desa Tugurejo Kecamatan Sawoo dengan luas lahan yang terbakar sekitar 2 hektar. Beruntung yang terbakar serasah daun jati dan Alang-alang di area lahan pohon jati. Agung Prasetyo Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Ponorogo mengakui kebakaran tersebut di dua titik. 

Di Jambon titik api dengan pemukiman warga jaraknya lumayan jauh yakni sekitar 1,5 km. Sedangkan di Gunung Ngijo Sawoo hanya berjarak 100 meter dengan pemukiman penduduk. Beruntung tidak merembet ke pemukiman. Masih kata Agung, petugas gabungan dari BPBD, kepolisian, TNI dan relawan hanya bisa melokalisir agar api tidak merembet kemana pun.

Apalagi kebakaran di hutan jambon berada di puncak gunung. Menurutnya penyebab kebakaran, pihak berwajib masih melakukan pendalaman. Pihaknya meminta masyarakat untuk menjaga hutan agar tidak terbakar.