Jelajah

Diskominfo Pemkab Ponorogo Minta OPD Lakukan Back Up Data Antisipasi Serangan Hacker

Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfo) Pemkab Ponorogo minta agar seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) memiliki cadangan  atau back up sebagai langkah antisipasi apabila data dibobol hacker atau peretas. 

Permintaan tersebut disampaikan merespon data data milik  pemerintah yang berada di Pusat Data Nasional Sementara-PDNS 2 diretas oleh kelompok peretas Brain Cipher.

Kepala Diskominfo Pemkab Ponorogo, Sapto Jatmiko mengatakan, meski hari hari ini sudah ada pemulihan dan perawatan oleh pusat namun belum optimal. Di daerah, masih ada serbuan virus dengan aplikasi berbahaya sehingga harus memiliki cadangan data.

Para operator tidak boleh meremehkan back up data meski di komputernya sudah ada pembersih virus. Pihaknya sudah melakukan sosialisasi dan pelatihan terkait hal tersebut.

Diakui dengan adanya Sistem PDNS 2 lumpuh sejak 20 Juni akibat serangan ransomware atau peretasan yang mengunci data-data di dalam sistem, juga berdampak ke layanan didaerah termasuk pemkab Ponorogo.

Beberapa diantaranya adalah aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi)  dan juga Desa Cinta Statistik (Cantik).